Berbagai Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan

Dec 5, 2019 |

Manfaat kesehatan dari ubi jalar tidak hanya terbatas pada perut kenyang. Ini mengandung lebih dari 400% dari kebutuhan harian vitamin A, serta serat dan kalium dalam ubi jalar berukuran sedang. Ini memiliki lebih banyak gula alami daripada kentang, tetapi dengan kalori lebih sedikit.

Menurut Livescience, ubi jalar berukuran sedang (130 g), memiliki kalori 100 kalori dengan nol kalori dari lemak. Berbagai penelitian menunjukkan peningkatan konsumsi ubi jalar untuk mengurangi berbagai penyakit. Mari kita simak berbagai manfaat kesehatan dari ubi jalar sebagai berikut.

Berbagai Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan

1. Diabetes
Ubi jalar memiliki skala indeks glikemik (kecepatan makanan dalam gula darah) yang dianggap rendah, dan penelitian terbaru menunjukkan bahwa mereka juga dapat mengurangi gula darah dan resistensi insulin pada penderita diabetes. Bahkan serat dalam ubi membuat perbedaan besar. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan diabetes tipe 1 yang makan makanan kaya serat memiliki kadar glukosa darah rendah. Bagi penderita diabetes tipe 2, mereka akan mengalami kemajuan dalam gula darah, lipid dan insulin.

Ubi jalar berukuran sedang memiliki 6 gram serat. Pedoman diet untuk orang Amerika merekomendasikan wanita mengkonsumsi hingga 21-25 gram serat per hari dan pria hingga 30-38 gram per hari, yang kebanyakan orang tidak dapat mencapainya.

2. Tekanan darah
Mempertahankan asupan natrium rendah sangat penting untuk menurunkan tekanan darah, tetapi meningkatkan asupan kalium sama pentingnya. Ubi jalar berukuran sedang mengandung 542 mg potasium. Menurut Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional, ada kurang dari 2% orang dewasa di Amerika Serikat yang mengalami asupan potasium hingga 4.700 mg per hari. Selain itu, asupan kalium yang tinggi dikaitkan dengan penurunan 20% risiko kematian dari penyebab apa pun.

3. Kanker
Menurut Laura Flores, ahli gizi dari San Diego, ubi jalar oranye telah terbukti memiliki sifat anti-karsinogenik. NIH juga melaporkan bahwa beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa beta-karoten dapat mengurangi risiko kanker payudara pada wanita premenopause dan kanker ovarium pada wanita pascamenopause. Namun, ubi jalar ungu mungkin lebih efektif melawan kanker daripada ubi jalar jeruk. “Telah ditunjukkan bahwa ubi ungu memiliki kemampuan yang lebih baik untuk melawan kanker, dengan efek positif pada perkembangan sel kanker,” kata Flores.

Penelitian yang dilakukan oleh Sekolah Gizi Kesehatan Masyarakat Harvard juga menyatakan bahwa makanan kaya beta-karoten dapat memainkan peran penting dalam kanker prostat di kalangan anak muda. Beta-karoten juga telah terbukti memiliki hubungan terbalik dengan perkembangan kanker usus besar pada populasi Jepang.

4. Kekebalan dan anti-inflamasi
“Karena warna pigmen vitamin, ubi memiliki manfaat anti-inflamasi yang tinggi,” kata Flores. Ubi jalar mengandung sekitar setengah dari asupan vitamin C harian yang disarankan per hari. Vitamin A dan E juga mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat dan juga memperkuat antioksidan untuk melawan penyakit. Sementara ubi jalar manis mengandung lebih banyak vitamin A, ubi ungu manis kaya akan antioksidan anthocyanin yang bertanggung jawab untuk menghasilkan merah, biru, dan ungu dalam buah-buahan dan sayuran. Menurut Linus Pauling Institute, antioksidan yang terkait dengan pigmen memiliki sifat anti-inflamasi yang bermanfaat bagi kesehatan umum dan juga membantu mengurangi gangguan peradangan.

5. Kesehatan jantung
Ubi jalar mengandung sumber vitamin B6, yang dapat menghancurkan homocysteine, zat yang berkontribusi pada pengerasan pembuluh darah dan arteri, menurut Harvard University School of Public Health. Kandungan kalium dalam ubi jalar juga bermanfaat bagi jantung Anda karena dapat menurunkan tekanan darah sambil menjaga keseimbangan cairan, seperti yang dijelaskan oleh American Heart Association. Kalium juga merupakan elektrolit penting yang membantu mengatur detak jantung.

6. Visi
Menurut Jill Koury, MD., Dokter mata, defisiensi vitamin A menyebabkan kerusakan segmen luar fotoreseptor okular, sehingga merusak penglihatan normal. Mengambil beta-karoten untuk menggantikan kekurangan vitamin A dapat meningkatkan penglihatan. Selain itu, vitamin C dan E antioksidan dalam ubi jalar telah terbukti untuk mendukung kesehatan mata dan mencegah kerusakan degeneratif.

Baca Juga :

Posted in: Kesehatan

Comments are closed.